R-Commander

R merupakan suatu bahasa dan lingkungan (environment) pemrograman untuk komputasi statistik dan grafis yang serupa dengan bahasa dan lingkungan pemrograman S. R menyediakan beragam teknik statistik dan grafik, yang sampai saat ini terus berkembang. Versi awal dari R dibuat pada tahun 1992 di Universitas Auckland, New Zealand oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman. Pada saat ini, source code kernel R dikembangkan terutama oleh R Core Team yang beranggotakan 17 orang statistisi dari berbagai penjuru dunia.

Paket statistik R bersifat multiplatforms, dengan file instalasi binary/file tar tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac OS, Mac OS X, Linux, Free BSD, NetBSD, irix, Solaris, AIX, dan HPUX, yang dapat diperoleh secara “gratis” no license fee melalui situs http://cran.r-projrect.org. Pada tulisan ini program R yang digunakan adalah versi R.2.14.1.

Fungsi dan kemampuan dari R sebagian besar dapat diperoleh melalui Add‐on packages/library. Suatu library adalah kumpulan perintah atau fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tertentu. Sebagai contoh, fungsi untuk melakukan analisis neural network dapat diperoleh di nnet.

Meskipun R mengutamakan penggunaan bahasa pemrograman, bagi pengguna yang awam dengan metode statistik dan bahasa pemrograman, dapat memanfaatkan paket R-Commander yang telah disediakan di library. Dengan mengaktifkan paket R-Commander, pengguna dapat melakukan pengolahan data secara statistik dengan mudah, semudah menggunakan SPSS, Minitab ataupun software statistik berlisensi lainnya. Hal ini sangat dimungkinkan karena melalui R-Commander, pengguna bisa langsung melakukan pengolahan data dengan memilih menu-menu yang disediakan pada jendela R-Commander.

Menginstal R-Commander

Agar bias menjalankan R-Commander pada software R, maka kita harus terlebih dahulu menginstal R-Commander pada R. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik menu Packages
  2. Pilih Install package(s) from local zip files
  3. Cari lokasi file Packages yang ada di direktori komputer
  4. Klik Open dan tungu sampai proses instalan selesai.

Menjalankan R-Commander

Untuk menjalankan R-Commander pada software R, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu Packages
  2. Pilih Load Packages dan akan muncul kotak Select One
  3. Pilih Rcmdr lalu klik OK, maka akan tampil jendela R-Commanderseperti gambar berikut ini.

    R-Commander

    Jendela R-Commander

Jendela R-Commander terdiri dari dua bagian, yaitu Jendela Skrip dan Jendela Keluaran. Jendela skrip digunakan untuk menampilkan skrip atau perintah dalam bahasa R, sementara Jendela keluaran digunakan untuk menampilkan hasil analisis.

Tinggalkan komentar

Filed under Komputasi Statistika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s